Workshop Percepatan Implementasi Kurikulum Merdeka

Kamis, 27 Juni 2024 -  Madrasah Ibtidaiyah Al Washliyah Kota Bekasi Workshop Percepatan Implementasi Kurikulum Merdeka.

Kepala Madrasah beserta Dewan Guru dan Tenaga Kependidikan MIS Al Washliyah Bekasi yang berjumlah lebih dari 30 orang mengikuti kegiatan Workshop Percepatan Implementasi Kurikulum Merdeka via Tatap Muka di Aula Yayasan Al Washliyah Bekasi selama 2 hari mulai tanggal 27 s.d. 28 Juni 2024.

Workshop ini bertujuan untuk memberikan wawasan mendalam tentang pentingnya Kurikulum Merdeka dalam mengembangkan potensi siswa, meningkatkan kreativitas, serta menyesuaikan pendidikan dengan perkembangan zaman.

Workshop IKM dibuka langsung oleh Bapak Ust. Abdullah Husin, M.Pd.I Ketua Yayasan Al Washliyah Bekasi.

Bapak Ust. Abdullah Husin, M.Pd.I juga berpesan bahwa " Guru harus mengikuti workshop ini dengan bersenang-senang agar materi yang disampaikan dapat diterima dan diamalkan kepada siswa dengan baik ".


Setelah memberikan sambutan Ketua Yayasan acara dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Mars Al Washliyah karena acara ini adalah bagian dari tujuan Mencerdaskan Kehidupan Bangsa.

Setelah menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Mars Al Washliyah acara dilanjutkan dengan Do'a yang dipimpin oleh Bapak H. Marhadi, S.Pd.I agar acara ini diberikan kemudahan dan keberkahan.


Pada hari pertama Bapak Zaenal Muttaqin, S.Pd, M.Si sebagai nara sumber dalam kegiatan tersebut menyampaikan materi tentang bahan ajar yang harus disiapkan guru dalam pelaksaaan kurikulum merdeka. Dikatakan oleh nara sumber ada tiga aspek dalam kurikulum merdeka yaitu: perencanaan administrasi berupa dokumen yang mencakup antara lain : ada Capaian Pembelajaran  atau CP, Alur Tujuan Pembelajaran atau ATP untuk acuan perencanaan pembelajaran dan Modul Ajar.


Selain menyampaikan teori tentang Kurikulum Merdeka Bapak Zaenal Muttaqin, S.Pd, M.Si juga memberikan tugas kepada para guru MI Al Washliyah untuk membuat LK CP.







Di akhir penutupan kegiatan, Ibu Dina Ravita, S.Pd selaku Kepala Madrasah menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta  workshop karena telah mengikuti kegiatan workshop hari pertama ini dengan penuh tanggung jawab, disipiln, dan berkolaborasi aktif.


0 Komentar